Membuat Daftar Nama

Daftar nama adalah ASSET Anda dalam bisnis ini. Jika para petani asset nya adalah sawah dan ladang. Maka dalam bisnis network marketing asset utamanya adalah hubungan manusia.
Semakin banyak daftar nama yang bisa Anda hubungi, semakin besar asset Anda dalam menjalankan bisnis ini. Tentunya kepercayaan diri anda untuk berhasil di bisnis ini akan sangat besar.

Apakah tujuan untuk membuat daftar nama?

Tujuan yang pertama
adalah untuk mengetahui potensi asset yang Anda miliki dalam membangun bisnis jaringan. Asset itu berupa daftar nama orang-orang yang anda kenal dan mereka juga mengenal Anda.
Tujuan yang kedua adalah membantu Anda memulai untuk membangun jaringan dengan pendekatan yang mudah dan efisien.

Daftar Nama Harus Tertulis
Cara membuat daftar nama yang benar harus tertulis. Kenapa harus tertulis? Karena jika mengandalkan ingatan saja tentunya kita mudah lupa.Dan sesuatu yang tertulis biasanya kita anggap sangat penting. Membuat daftar nama secara tertulis membantu bahkan sangat membantu Anda untuk menyadari potensi jaringan Anda.
Daftar nama tertulis juga membantu Anda dalam bertindak secara sistematis dan efisien.

Sediakan buku khusus untuk membuat daftar nama Anda

Jangan samakan buku daftar nama anda dengan buku telepon Anda di rumah atau banyak orang membuat daftar nama berdasarkan kumpulan kartu nama yang diberikan oleh teman-teman mereka atau mereka mengambil daftar nama dari memori handphone nya.

Jangan Pandang Bulu

Jangan pandang bulu, jangan pilih-pilih. Tulis saja semuanya. Tuliskan saja nama-nama teman Anda atau relasi yang Anda kenal. Nanti ada waktunya untuk memilih ‘segmen pasar’ atau prioritas.
Jangan berpikir “Siapa yah, yang mau bergabung dalam bisnis ini?”

Contohnya Anda berpikir diawal bahwa teman anda sudah punya banyak uang, usahanya besar, tidak mungkin dia mau bergabung di bisnis ini. Atau Anda berpikir teman Anda kurang bergaul, tidak punya teman yang banyak dan tidak mungkin berhasil dalam bisnis ini. Kita sudah menghakimi diawal. Atau anda juga berpikir dia tidak cukup punya uang untuk bergabung dibisnis ini.

Anda tidak akan pernah tahu siapa yang mau bergabung dibisnis ini sebelum anda lakukan presentasi kepada mereka.

Untuk membantu anda mengingat dan membuat daftar nama, Anda bisa mulai dari orang-orang yang paling dekat dengan Anda. Buatlah pohon kategori seperti ini

1. Daftar keluarga
  • Keluarga dari Ayah
  • Keluarga dari Ibu
  • Keluarga dari istri atau suami, dst
2. Daftar teman
  • Teman SD
  • Teman SMP
  • Teman SMA
  • Teman kuliah
  • Teman Profesi
  • Teman aktivitas hoby, teman aktivitas sosial
  • Dst
3. Daftar Tetangga
4. Daftar mitra bisnis
5. Mantan guru Anda, guru anak anak Anda
6. Profesional yang Anda kenal

Anda tuliskan juga nama atau relasi yang mempunyai pekerjaan seperti yang akan saya sebutkan dibawah ini : Apoteker, Bankers, Kontraktor, Akuntan, Arsitek, Pemilik salon, tukang roti, ahli listrik, dokter umum, dokter mata, dokter gigi, perawat, polisi, tentara, travel agent, pemilik toko, service radio, service arloji, ahli masak, pedagang, pramuniaga, pemilik bengkel dan profesi-profesi lainnya yang Anda kenal, begitu banyak.

Jika Anda mengikuti metode ini maka akan mendapatkan daftar nama yang panjang dalam waktu singkat.
Rata-rata orang membuat daftar nama dalam 15 sampai 20 menit, dia akan mendapatkan 50 sampai 100 daftar nama.

Jika Anda bisa membuat 50 daftar nama dalam waktu 15 sampai 20 menit, tentunya orang-orang yang Anda tuliskan itu bisa membuat hal yang sama.
Bayangkan jika dari orang-orang yang ada dalam daftar nama itu juga menuliskan 50 daftar nama, berapa jumlah daftar nama yang Anda miliki, sekitar 2550 nama.
Artinya daftar nama Anda tidak akan habis.

Jika anda teruskan proses tersebut potensi daftar nama Anda menjadi tak terbatas. Teruslah menambah daftar nama Anda. Jika Anda sedang mengembangkan bisnis ini keluar daerah dan hanya 1 orang yang anda kenal kemudian Anda ajarkan untuk membuat datar nama yang baik dan benar seperti ini, mereka juga akan memiliki 2550 daftar nama.

Hanya dengan memiliki 1 orang yang anda kenal saja maka Anda akan memiliki group yang besar di daerah tersebut. Begitulah potensi dalam membuat daftar nama yang baik dan benar. Seorang leader MLM sukses yang saya kenal, selalu membawa buku daftar nama kemanapun Beliau pergi. Setiap ada kesempatan memiliki kenalan baru, Beliau langsung update buku daftar namanya.

Setelah membuat daftar nama, selanjutnya Anda membuat skala prioritas.
Buatlah tabel daftar nama seperti ini :
Berikan penilaian pada kolom  F-A-S-T

Kolom Finansial

Jika kondisi keuangan orang tersebut lebih baik dari anda, beri nilai 3. Jika kurang lebih sama dengan anda beri nilai 2. Dan jika lebih rendah dari Anda beri nilai 1.

Kolom Ambisi untuk menilai tingkat kemauan orang untuk maju, siap bekerja keras untuk mencapai keinginannya atau memiliki kebutuhan yang mendesak seperti menyekolahkan anak, membiayai pengobatan atau mereka sedang mencari cara atau jalan untuk menyelesaikan persoalannya.

Jika tingkat ambisi orang tersebut lebih tinggi dari Anda beri nilai 3, jika kurang lebih sama beri nilai 2 dan jika lebih rendah dari anda beri nilai 1.

Kolom Supel, maksudnya adalah orang yang mudah bergaul dengan orang lain, memiliki relasi yang sangat luas dan juga bisa diartikan sebagai pusat pengaruh, yaitu orang yang disegani dalam lingkungan anda.

Atau orang yang dikenal dalam masyarakat. Jika orang tersebut lebih supel dibandingkan anda beri nilai 3, jika kurang lebih sama dengan anda beri nilai 2 dan jika lebih rendah dari ada beri nilai 1.

Kolom Teachable, teachable adalah tingkat keinginan orang tersebut untuk belajar dan diajar serta terbuka untuk menerima informasi dari anda. Bisa diartikan juga tingkat pengaruh anda kepada orang tersebut.

Jika orang tersebut memiliki sifat yang terbuka terhadap informasi,  mau mendengarkan anda atau anda memiliki pengaruh yang lebih besar terhadap dia, beri nilai 3. Jika kira-kira tingkat pengaruhnya sama dengan anda beri nilai 2.

Dan jika orang tersebut selalu berdebat atau sulit percaya dengan Anda karena merasa statusnya lebih tinggi dari Anda beri nilai 1.

Setelah Anda memberikan penilaian pada kolom F-A-S-T tersebut jumlahkan angka-angka pada kolom tersebut. Nama nama dengan skor tinggi adalah skala prioritas (SP) utama Anda.

Contoh seperti ini :


Konsultasikan selalu kepada upline anda tentang daftar nama anda, maka anda akan dibantu yang mana yang akan diprioritaskan pertama untuk Anda hubungi.

Hal terpenting yang perlu anda ingat penilaian berdasarkan SP tersebut itu belum tentu mencerminkan keadaan yang sebenarnya tentang prospek anda karena itu penilaian di tabel itu berdasarkan 'kacamata' Anda yang belum tentu 100% benar.

Tentunya penilaian itu semua bisa berubah seiring dengan berjalannya waktu. Seseorang yang Anda anggap tidak potensial, bisa jadi setelah 1 tahun Anda tidak berjumpa kini justeru menjadi prospect yang paling potensial.

Karena itu jangan anggap remeh daftar nama dengan SP rendah di buku Anda.

Tambahkan terus daftar nama anda setiap saat jika anda tiba-tiba teringat oleh seseorang segera tuliskan nama orang tersebut dalam daftar nama anda walaupun anda belum tahu alamat dan nomor teleponnya.

Dan juga dengan sengaja Anda harus terus menambah daftar nama anda dengan cara berkenalan dengan orang-orang baru. Cara tersebut disebut dengan prospecting.

Salam Sukses ... !!!

Silahkan share jika bermanfaat

Terimakasih :-)

Pelajari Langkah Sukses Lainnya :